Mitos Dan Misteri Di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah

Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah, - Kita sudah mengetahui bahwa Gunung Lawu merupakan gunung yang ada di pulau Jawa, tepatnya di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Letak dari Gunung Lawu ini yaitu antara dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Magetan Jawa Timur dan juga Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Ada banyak sekali tempat wisata yang terdapat di Gunung Lawu ini, ibarat Grojokan Sewu, Pendakian Gunung Lawu, Telaga Sarangan, Candi Sukuh, Candi Cetho, Kebun Teh Kemuning dll. Selain mempunyai tempat wisata yang indah, wilayah di sekitar gunung Lawu juga menyimpan dongeng misteri tersendiri. Beberapat tempat wisata di Karanganyar Pilihan sanggup dilihat pada Artikel Ini.


Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah Mitos dan Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah

Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah Mitos dan Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah

Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah Mitos dan Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah


Status dari gunung ini yaitu gunung api yang sedang beristirahat dan telah usang tidak aktif, namun Gunung ini mempunyai banyak wisata yang disuguhkan, selain itu ada pula mitos dan juga Misteri Dari Gunung ini dari masing-masing tiga puncaknya. Ketiga Puncak Gunung Lawu ini ialah Puncak utama yang juga dianggap sebagai tempat sakral di tanah Jawa pertama, yaitu Harga Dalem yang juga diyakini masyarakat sebagai tempat pamoksan Prabu Brawijaya Pamungkas. Kemudian Puncak yang kedua yaitu Harga Dumiling yang diyakini sebagai tempat pamoksan Ki sabdopalon. Sedangkan puncak yang ketiga ialah Harga Dumilah yang merupakan tempat yang banyak misterius yang sering dipakai sebagai ajang menjadi kemampuan olah batin dan meditasi. Harga Dumilah juga banyak dikunjungi para pendaki gunung yang jalur pendakiannya melalui Cemoro Sewu di Karanganyar.

Selain itu ada beberapa tempat lain yang diyakini misterius atau seram oleh penduduk setempat yaitu contohnya Sendang Drajat, sumur jalatunda, kawah Candradimuka, Sendang Intan, Sendang panguripan, cokrosuryo dan juga Pringgondani. Kisah Misteri Dari Gunung Lawu yaitu dimanapun kita tinggal dan dimanapun kita menumpang biarpun hanya sekedar lewat yang paling utama ialah meminta izin terlebih dahulu kepada pihak tersebut. Seperti kisah misteri yang ada di Gunung Lawu ini sebab sangat banyak sekali pantangan yang harus kita patuhi ketika ingin berkunjung di Gunung Lawu ini, sebab disini kita dihentikan berbicara secara sembarangan. Saya rasa hal ini sudah menjadi hal yang wajib sebab tidak hanya di puncak gunung saja yang harus menjaga perkataan.

Selain mempunyai panorama alam yang indah dan juga mempunyai objek wisata yang menarik bagi wisatawan, Gunung Lawu di Karanganyar Jawa Tengah ini juga kerap disambangi oleh para peziarah yang ingin mencari objek-objek sakral bersejarah di Gunung Lawu. Biasanya tempat sakral di Gunung ini berada di petilasan-petilasan Raden Brawijaya yaitu ibarat pertapaan Raden Brawijaya. Konon yang ada di lingkup ini merupakan petilasan Prabu Brawijaya yaitu bekas Raja Majapahit yang lebih dikenal sebagai Sunan Lawu. Dulunya tempat ini akan tempat pertama pertapaan Sunan Lawu tersebut yang berada di harga dalem yang tertinggi nomor dua di Gunung Lawu.

Selain itu di Gunung ini juga banyak menyimpan banyak sekali macam peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit, ibarat candi Sukuh dan juga Candi Cetho. Gunung ini merupakan gunung yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar terutama penduduk yang berada di kaki gunung, jadi tak heran jikalau Saat memasuki bula-bulan sakral ibarat bulan Suro banyak yang tiba yang melaksanakan ritual-ritual tertentu. Apalagi para peziarah yang tiba dari tempat yang bersahabat dengan gunung Lawu yaitu Tawangmangu, Karanganyar, Madiun, Nganjuk dan juga Semarang. Mereka tiba jauh-jauh ke Gunung Lawu terutama meminta keselamatan dan kesejahteraan hidup didunia, dasarnya mereka tiba ke tempat keramat ibarat petilasan Raden Brawijaya ataupun candi-candi.

Demikian perihal beberapa mitos dan juga misteri dari gunung lawu, semoga bermanfaat bagi anda semua.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar