15 Kawasan Wisata Di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau

15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau, - Jawa Tengah memang mempunyai aneka macam tempat wisata yang tak boleh dilewatkan. Salah satu Tempat wisata yang patut anda coba yaitu tempat wisata yang berada di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Kabupaten Banjarnegara populer dengan salah satu kulinernya yaitu dawet ayu. Banjarnegara yaitu suatu kabupaten yang terdapat di daerah jawa tengah yang banyak mempunyai lokasi wisata memukau. Tempat wisata di banjarnegara dan sekitarnya selalu dipenuhi wisatawan terutama dikala liburan tiba.

15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah

Banjarnegara sendiri berbatasan eksklusif dengan kota wisata Wonosobo yang populer dengan daerah wisata Dieng Plateau. Kawasan Dieng Plateau sendiri secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Oleh lantaran itu pada pembahasan tempat wisata ini tidak sanggup dilepaskan dari beberapa obyek wisata di daerah Dataran Tinggi Dieng. Baik tempat wisata dieng banjarnegara maupun Wonosobo merupakan tempat wisata yang sangat potensial dan sangat digemari para wisatawan. Berikut yaitu 14 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau.

1. Candi Arjuna Banjarnegara

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau


Dataran tinggi dieng mempunyai area candi yang amat luas. Diperkirakan, candi-candi yang ada di area ini menduduki daerah seluas 90 hektare. Hanya saja, gres beberapa kecil dari candi-candi itu telah rampung direstorasi. Dari sekian banyak candi yang terdapat dataran tinggi dieng, kompleks Candi Arjuna yaitu yang terluas. Wisata Banjarnegara Candi Arjuna Terdapat di desa dieng kulon, kecamatan batur, kabupaten banjarnegara. Kompleks Candi Arjuna mempunyai luas kira-kira 1 hektare. Di kompleks ini, ada lima bangunan candi, ialah candi arjuna, candi semar, candi srikandi, candi puntadewa, serta candi sembadra. Tidak cuma candi semar, keempat candi lain yaitu candi penting yang digunakan menjadi lokasi beribadah.

Candi arjuna, menjadi candi penting di kompleks ini juga diperkirakan menjadi candi tertua, diperkirakan dibangun pada masa 8 masehi oleh wangsa sanjaya dari mataram kuno. Kompleks candi arjuna lazim digunakan menjadi lokasi pelaksanaan galungan. Tidak cuma itu, kompleks ini terkadang pun digunakan menjadi lokasi pelaksanaan ruwatan anak gimbal. Anak Gimbal merupakan suatu fenimena yang unik di Dataran Tinggi Dieng. Disana ada beberapa anak yang secara absurd mempunyai rambut Gimbal. Anak dengan rambut gimbal ini dilarang eksklusif dipotong. Biasanya anak ini dilakukan ruwatan terlebih dahulu sebelum dilakukan pemotongan rambut gimbalnya itu.
Harga Tiket masuk ke kompleks candi ini sebesar rp 10. 000. Dengan karcis itu, pengunjung sanggup mengunjungi kompleks candi arjuna, sendang sedayu, sedang maerokoco, dharmasala, bersama kawah sikidang.


2. Sumur Jalatunda Banjarnegara


 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau


Sumur ini diberi panggilan jalatunda karna mempunyai pengertian tersendiri. “jala” dan “tunda” yang maksudnya janganlah menunda nunda sesuatu ataupun pekerjaan yang bagus. Kabarnya, lokasi ini mempunyai banyak diam-diam yang terselubung.
Berdasarkan sejarah, obyek wisata sumur jalatunda Banjarnegara ini terjadi tanggapan ledakan maha dahsyat dari gunung purba dieng yang berlangsung ratusan tahun lalu. Sampai kini hanya tersisa bolongan besar dengan panjang serta lebarnya kira-kira 90 meter dan mempunyai kedalaman kira-kira ratusan hingga beribu-ribu meter yang hingga kini belum sanggup dipastikan berapa kedalaman Sumur Jalatunda di Dieng ini.
Harga Tiket masuk ke tempat wisata sumur jalatunda ini terbilang amat murah yaitu cukup dengan membayar rp. 5000 untuk wisatawan dalam negeri serta juga asing untuk sekali masuk ke area sumur jalatunda. Akan tetapi, dana ini enggak termasuk dana masuk area dieng, jadi untuk karcis daerah kau harus membayar biaya kira-kira rp. 10. 000.


3. Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara


 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau


Kawah Sikidang ialah salah satu tempat wisata Banjarnegara yang terletak di daerah vulkanik dataran tinggi dieng. Kawah Sikidang Banjarnegara ini yaitu kawah yang paling populer dibandingkan kawah-kawah lain di dieng karna mempunyai jalan masuk paling simpel untuk dijangkau. Kawah sikidang yaitu kawah dengan dataran fumarole terluas di banding kawah-kawah lain di dieng. Kawah Sikidang Terletak di area desa dieng kulon, hanya berjarak kurang lebih 800 meter dari tujuan wisata telaga warna dan 1, 5 km dari kompleks candi arjuna.
Sebutan kawah sikidang amat terkenal, alasannya sungguh mempunyai huruf amat istimewa, dimana ada lubang- bolongan fumarola yang cukup banyak, menyebar di seputar kawah utama dan senantiasa berpindah-pindah lokasi. Oleh karna itulah, masyarakat setempat memberinya panggilan kawah sikidang, mirip seekor kidang (kijang) yang senantiasa melompat-lompat dari satu lokasi ke lokasi lain.

4. Kawah Sileri Banjarnegara

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau



Kawah dengan luas kira-kira 4 ha ini tempatnya sanggup dilewati kurang lebih 15 menit dari poros dieng dengan jarak 7 kilometer. Sepanjang perjalanan bakal anda jumpai banyak asap alasannya disekitar desa yang dilewati yaitu pengeboran untuk kebutuhan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Di tengah jalur menuju lokasi bakal anda temui tugu yang cukup tinggi dengan goresan pena grafir mengenai kejadian tragedi alam pada masa kemudian yang sempat berlangsung di daerah dieng, enggak berapa usang setelah itu anda bakal hingga di tempat kawah yang terdapat disebelah bawah jalur menuju pemandian air panas bitingan.

Sebutan sileri berawal dari bahasa jawa yakni leri ataupun air sisa basuhan beras, air kawah yang kelihatan berwarna silver dan mengalir kesungai dolog inilah yang hasilnya diberi sebutan leri ataupun sileri, dipaskan dengan warna air yang kelihatan kotor serupa leri.

5. Telaga Merdada Banjarnegara

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau


Kawasan datatan tinggi dieng yaitu gunung berapi besar, sehingga tidak heran bila di situ banyak ditemui kejadian alam yang bersinggungan dengan kegiatan vulkanologi. Kawasan dieng plateau juga menampilkan bermacam-macam jenis keelokan alam dan spot memukau untuk dikunjungi mirip kawah, telaga, perbukitan dan candi. Wisata Dieng Banjarnegara lainnya yang akan kita bahas yaitu Telaga Merdada. Luas telaga merdada mendekati 25 hektar. Telaga ini sudah banyak memberi manfaat buat masyarakat sekeliling. Tidak cuma jadi tujuan wisata alam di Banjarnegara yang amat memukau, sasyarakat setempat juga menggunakan telaga ini menjadi sumber irigasi untuk menyirami lahan persawahan mereka.
Telaga merdada dieng ini mempunyai ciri tersendiri, yakni bentuknya yang menyerupai suatu cekungan bekas kaldera ledakan gunung berapi yang besar. Kemungkinan asal usul terbentuknya telaga merdada diakibatkan oleh ledakan gunung berapi yang amat dahsyat, setelah itu meninggalkan tanda cekungan yang amat besar dan jadi suatu telaga yang mengagumkan.

6. Telaga Dringo Banjarnegara

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau



Sebutan dringo didapat dari tanaman yang tumbuh dengan cara alamiah di sekeliling telaga, sehingga oleh rakyat sekitar di namakan telaga dringo. Telaga tertinggi di dataran tinggi dieng ini mempunyai pemandangan yang amat memesona. Banyak pengunjung yang hadir untuk berkemah dan menikmati sejuknya udara yang berhembus bergerak dari balik ngarai. Telaga dringo ini adalah tempat wisata di banjarnegara jawa tengah yang sungguh belum banyak dikunjungi wisatawan alasannya jalan masuk jalannya yang amat menanjak serta tanah bebatuan. Lagi pula untuk menuju ke wisata Banjarnegara telaga dringo juga anda wajib lagi treking selama 20 menit jalur tanah dan berbatu.

7. Kawah Candradimuka Banjarnegara


 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau


Tempat wisata alam di banjarnegara yang satu ini yaitu kawah candradimuka yaitu salah satu kawah di dataran tinggi dieng yang sudah dibuka jadi obyek wisata setelah kawah sikidang dan kawah sileri. Eksistensi kawah ini kerap dihubungkan dengan dongeng dan figur gatotkaca dalam sejarah pewayangan. Bentuk ataupun rupa kawah candradimuka memanjang dan mengikuti gerakan sungai. Kawah ini berawal dari sesar ataupun patahan yang mengeluarkan uap panas, air panas, welirang dan lumpur. Aktivitas pemanasan berawal dari hidrotermal sisa gunung jimat yang diperkirakan tidak aktif lagi dikala masa kuarter tengah. Kawah ini amat serupa dengan kawah yang terletak di candi gedong songo di lereng gunung kendalisodo.

Kawah candradimuka menurut sejarah pewayangan ialah kawah yang terletak di alam khayangan. Adalah lokasi di mana gatutkaca yang merupakan anak wrekudara dan arimbi di rebus untuk mendapat ilmu kanuragan tingkat tinggi. Sehabis keluar dari kawah candradimuka diceritakan bila gatutkaca mempunyai otot kawat, tulang besi. Kepercayaan lain di tengah masyarakat sekitar lain yang berkembang ialah welirang dari candradimuka sanggup memulihkan penyakit kulit.


8. Curug Sirawe Banjarnegara

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau



Tempat wisata menarik di banjarnegara selanjutnya yaitu Curug Sirawe. Curug Sirawe terdapat di desa bitingan, desa kepakisan, kecamatran batur, kabupaten banjarnegara, propinsi jawa tengah. Curug sirawe terletak di dataran tinggi dieng dengan mempunyai ketinggian sekitar 80m. Air yang jatuh dari curug ini menimpa bebatuan dan menciptakan terbentuknya kolam kecil di bawahnya. Dulu curug ini pernah jadi rebutan 2 kabupaten, banjarnegara dan batang. Pihak banjarnegara menyatakan curug sirawe menjadi asetnya alasannya memang sumber mata air curug (di desa bitingan) masuk area banjarnegara. Pihak batang tidak begitu saja menyetujui tuntutan itu, alasannya memang curugnya telah masuk area batang.


9. Curug Muncar Banjarnegara

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau



Tempat wisata di banjarnegara curug muncar mempunyai ketinggian kurang lebihnya sekitar 40m dan terletak pada daerah perhutani dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Curug muncar ini masih terbilang amat alami, belum terjamah oleh bermacam-macam teknologi manusia, sehingga keelokan pemandangan alamnya masih amat alami. Lokasi Curug Muncar ini yaitu berada di lereng gunung Ragajambangan serta dengan ketinggian sekitar 1249  di atas permukaan laut.


10. Curug Pitu Banjarnegara


 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau


Wisata Curug Pitu ini terletak di desa keminting, kecamatan sigaluh, yang terletak sekitar 10 kilo meter ke arah timur maritim dari jantung kota banjarnegara. Untuk sanggup hingga pada lokasi Curug Pitu memang diharapkan upaya yang cukup berat. Anda wajib melintas sejauh 1, 5 kilo meter dari jalur umum. Akan tapi, keletihan itu tidak akan kerasa alasannya sepanjang jalur kau sudah dimanjakan oleh pemandangan sekitar yang begitu menakjubkan.
Untuk harga Tiket masuk ke Wisata Banjarnegara curug pitu ini sekitar 5-10 ribu. Bahkan kau sanggup masuk gratis alasannya wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang belum banyak dijamah manusia, sehingga pengelolaannya pun belum terlalu serius.


11. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas


 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau


Taman rekreasi margasatwa (TRMS) serulingmas terdapat 1 kilometer dari kota banjarnegara ke arah utara. Tempat wisata seruling mas banjarnegara ini mempunyai luas sekitar 5, 3 ha. Diresmikan pada 1997 oleh jenderal tni (purn) susilo sudarman (alm), kala masih menjadi ketua paguyuban permintaan eling banyumas (serulingmas), pada 21 agustus 1997. Sekaligus ia juga mempersembahkan harimau yang kini sudah berkembang biak. Trms dibangun pada masa bupati Drs Nurachmad. Itulah satu-satunya wisata taman margasatwa di Jawa Tengah bab selatan.
Dari taman wisata Serulingmas itu sanggup diamati pemandangan elok ngarai sungai serayu, yang bertemu sungai merawu dan palet di bab barat. Tidak jauh dari situ terdapat bendungan banjarcahyana, yang dibangun pemerintah hindia belanda tahun 1939. Bendungan berkonstruksi sifon itu menerobos ke bawah kali merawu dan hingga kini masih berperan menjadi irigasi teknis.
Sarana rekreasi yang terdapat di taman rekreasi margasatawa selamanik seruling mas antara lain: kebun hewan yang tidak mengecewakan lengkap, kolam renang yang dilengkapi dengan waterboom, arena permainan anak, pentas pertunjukan, wisata arena pemancingan umum, gerai cinderamata, rumah makan, makam ki ageng selomanik yang dikeramatkan, dan fasilitas-fasilitas umum.


12. Waduk Mrica atau Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau



Lokasi waduk mrica terdapat di kecamatan bawang, kabupaten banjarnegara, jawa tengah. Persisnya, sekitar 9 kilometer arah barat dari jantung kota banjarnegara dan terletak di tepi jalan besar banjarnegara – purwokerto. Dari jalan besar sedikit masuk kedalam, dicirikan dengan pintu gerbang wisata menuju waduk mrica. Waduk mrica juga dikenal masyarakat luas menjadi bendungan panglima besar jendral soedirman, yang berperan menjadi alat pembangkit listrik tenaga air ataupun PLTA. PLTA waduk mrica mereproduksi energi listrik menyentuh 184, 5 mw, untuk menyediakan keperluan daya listrik melingkupi daerah jawa dan bali.Karena lokasinya yang elok serta cocok untuk berfoto ria, maka waduk Mrica ini juga dikembangkan sebagai tempat wisata di Banjarnegara yang sangat bagus.


13. Surya Yudha Park Banjarnegara


 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau


Wisata air ialah satu lokasi wisata yang begitu digemari oleh sebagian pengunjung pada dikala ini. Lokasi wisata yang paling memukau dengan konsep wisata kolam renang ataupun weterpark yang terdapat di kabupaten banjarnegara yakni objek wisata surya yudha park. Lokasi  wisata ini terdapat di jl. Raya karang kobar kilometer. 1 persisnya di desa rejasa kecamatan banjarnegara provinsi jawa tengah. Lokasi wisata ini ialah lokasi wisata terpadu alasannya weterpark, sport center, dan hotel terdapat dalam satu lokasi itu. Lokasi wisata surya yudha park Banjarnegara jadi satu diantara lokasi wisata alternatif untuk keluarga, komunitas, perseorangan, dan institusi. Karena lokasinya yang terpadu ini maka akan sangat elok apabila anda berkunjung ke wilayah Banjarnegara dan sekitarnya untk menginapnya di Hotel Surya Yudha Banjarnegara ini. Karena selain menginap anda juga sanggup menikmati akomodasi waterboom, kolam renang dll.
Wahana weter park di lokasi wisata surya yudha park mempunyai 7 kolam dengan 7 lantai kedalaman kolam yang dilengkapi dengan satu ombak buatan. Diluar itu di kolam ombak tsunami juga terdapat kolam therapy ikan yang bisanya menjadi tempat lakukan terapi kesehatan pada kaki. Untuk sebagian pengunjung yang tidak ingin berenang ataupun sebatas menemani renang keluarga ataupun kerabatnya, pengunjung sanggup menggunakan waktu untuk berfoto -foto di depan replika liberty di New York ataupun patung merlion di Singapura. Di tempat wisata surya yudha banjarnegara juga mempunyai lokasi sebagai olahraga rafting dengan menyusuri sungai serayu selama lebih kurang sekitaran 10 kilometer. Wisata edukasi agama juga terdapat dianatarnya wisata manasik haji dengan mempunyai miniatur replika ka’bah, terowongan mina, lokasi sya’i, lokasi lempar jumrah dan lainnya.


14. Arung Jeram Serayu

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau



Salah satu kota yang jadi tujuan pengunjung untuk melakukan rafting atau arung penderasan ialah kota banjarnega. Di kota itu ada sungai yang amat sesuai untuk dijadikan sebagai olah raga rafting. Sungai yang dimaksud ialah sungai serayu. Sungai ini terdapat di kabupaten wonosobo hingga banjarnegara propinsi jawa tengah. Bila pergi dari yogyakarta, waktu yang diharapkan untuk menempuh tempat wisata arung penderasan di Banjarnegara ini kurang lebih kurang lebih 4 jam perjalanan. Perjalanan selama 4 jam itu penumpang disuguhi atas pemandangan yang begitu elok di sekitar lereng gunung dengan kesegaran juga pemandangan alam yang benar luar biasa.
Ketika melakukan rafting di sungai serayu persisnya di banjarnegara ini kau akan memperoleh bermacam-macam sarana penunjang untuk melakukan agresi pengarungan kamu. Kamu akan memperoleh welcome drink, air mineral, kuliner kecil, refreshmen kelapa muda dikala rafting, makan, pengangkutan lokal, serta equipment standar internasional mirip life jacket, dayung, helm, skipper, team recue, medical kit, dan guide.

15. Serayu park Banjarnegara

 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau 15 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Memukau



Wisata serayu park banjarnegara jawa tengah ialah salah satu tempat wisata yang terletak di desa seruling mas, kabupaten banjarnegara, daerah jawa timur, negara indonesia. Wisata serayu park banjarnegara jawa tengah ialah tempat wisata gres di banjarnegara yang banyak pengunjung pada hari biasa ataupun hari liburan. Tempat ini amat elok dan sanggup memberi sensasi yang berbeda dengan acara anda sehari hari.
Wisata Banjarnegara Serayu Park berlokasikan di jalan selamanik, 350 meter dari komplek wisata permintaan eling banyumas (serulingmas). Sebagai taman wisata air, serayu park menyajikan bermacam-macam sarana pelengkap dan komplit untuk pengunjung mirip omah alam resort, bumbu alam resto & coffee kafe, waterboom dan family karaoke yang dibangun dalam 1 kawasan.

Baca Juga :
12 Tempat Wisata Dieng Plateau Paling Terkenal
12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonosobo selain Dieng

Demikian tadi yaitu 15 tempat wisata di banjarnegara dan sekitarnya yang menjadi favorite pengunjung dikala liburan tiba. Selain tempat wisata diatas, jangan lupa untuk mencoba wisata masakan Banjarnegara yang juga populer enak, mirip dawet ayu, tempe mendhoan dll.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar